Tuesday, October 9, 2012

Pemahaman Dasar Tentang Web

Sepertinya sudah lama sekali saya tidak membuat tulisan di blog ini (sepertinya sudah hampir 1/2 tahun haha). Ok sebagai langkah awal dalam membuka lembaran baru blog ini saya akan menuliskan tentang pemahaman dasar mengenai dunia Web (World-Wide Web / WWW). Kalau kita cermati perkembangan teknologi saat ini, sepertinya untuk dapat membuat web (yang penting jadi :)) bukanlah sebuah perkara yang sulit. Ada begitu banyak pilihan CMS (Content Mangement System) yang dapat kita pilih sebagai "bahan dasar" pembuatan web kita seperti misalnya joomla, wordpress, drupal, dan lain sebagainya.

Semakin dipermudahnya kita dalam membuat web, maka semakin banyak orang yang bisa membuat web, bahkan mungkin anak kelas 3 SMP pun bisa membuat web sendiri. Tapi, apakah mereka benar-benar mengerti bagaimana web itu bekerja? walaupun di satu sisi tidak masalah mereka tidak memahami cara kerja web, akan tetapi (menurut saya) sebuah pemahaman yang parsial nantinya akan menghambat kita untuk bisa mengembangkan lebih jauh lagi ilmu yang kita dapat. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin mengulas tentang pemahaman dasar web yang mudah-mudahan pemahaman dasar ini dapat membantu teman-teman dalam mendalami ilmu per-web-an lebih jauh lagi. Ok! cukup basa-basinya sekarang kita akan masuk ke topik utama.

Pernahkah kalian bayangkan ketika teman-teman megetikkan alamat "google.com" pada address bar web browser kesayangan anda apa sih yang terjadi pada saat itu? kenapa halaman pencarian google bisa muncul di web browser kita hanya dengan mengetikkan kata kunci tersebut? Nah, untuk mempermudah penjelasannya silahkan lihat gambar di bawah ini (maaf kalo gambarnya jelek hehe)


Gambar 1: Cara Kerja Internet & Web

  1. Ketika kita membuka web browser kita (misal: google chrome / firefox) biasanya kita akan mengetikkan sebuah alamat di bagian address bar web browser kita (misal: http://www.google.com) dan menekan tombol "Enter". Pada saat kita mengekan tombol "Enter", sebenarnya kita sedang melakukan request untuk membuka halaman google kepada ISP (Internet Service Provider) kita (misal: Telkom).
  2. Sayangnya, internet tidak mengenali alamat www.google.com karena satu-satunya format alamat yang dikenali oleh internet adalah IP (Internet Protocol) address yang memiliki format A.B.C.D dimana A,B,C, dan D merupakan sebuah bilangan bulat dengan rentang 0 - 255 (kalau dibikin bahasa matematikanya gmn ya? haha). untuk dapat mengubah alamat www.google.com menjadi sebuah alamat IP, dibutuhkan sebuah system yang disebut dengan DNS (Domain Name System) yang nantinya akan mengkonversi alamat www.google.com menjadi sebuah alamat IP 74.125.235.1.
  3. Setelah alamat sesungguhnya diketahui (yaitu 74.125.235.1), kemudian ISP akan meneruskan request yang kita berikan kepada web server google yang entah berada di mana. untuk dapat mencapai server google (yang berada entah dimana itu) request yang kita berikan akan terus di forward melalui jaringan-jaringan internet yang ada dari sabang sampai merauke dan bahkan dari indonesia sampai amerika. Karena jaringan internet yang ada sangat kompleks, biasanya jaringan internet tersebut hanya direpresentasikan dengan gambar sebuah awan (internet cloud).
  4. Setelah request yang kita berikan sampai ke web server-nya google, selanjutnya web server google akan menerima dan mengolah request yang kita berikan. Pada tahap ini, web server google akan mencari file web yang kita minta di dalam file sytem miliki google (catatan: sebuah website terdiri dari kumpulan file yang saling berkaitan  satu dengan yang lainnya).
  5. Ketika file yang diinginkan sudah ditemukan (misal: index.html) kemudian web server google akan mengolah file tersebut dan membaca apakah ada data yang harus diambil dari database atau tidak.
  6. Jika ada data yang harus diambil dari dalam database maka web server google akan mencari data yang dibutuhkan di dalam database google. ketika semua data yang dibutuhkan sudah terkumpul semua, maka file "index.html" telah siap dikirim kembali ke ISP kita.
  7. Setelah request yang diberikan oleh ISP telah selesai diproses oleh web server google, selanjutnya web server google akan mengirimkan file yang direquest kepada ISP (misal: file index.html). Seperti biasa, untuk bisa sampai ke ISP yang dituju, file index.html tersebut akan melewati banyak jaringan internet yang kita sebut dengan "internet cloud".
  8. Setelah file index.html sampai pada ISP, kemudia ISP akan mengirimkan file tersebut ke komputer kita. Pada tahap ini, web browser kitalah yang bertugas untuk membaca dan menampilkan file tersebut sehingga kita bisa melihat tulisan "Google" yang berwarna-warni dengan search bar-nya yang besar di dalam web browser kita.
Yup! begitulah kira-kira simplifikasi dari penjelasan bagaimana sebuah request pada website dapat diolah dan diberikan ke pengguna. Seperti yang saya sebutkan, penjelasan di atas merupakan sebuah simplifikasi (penyederhanaan) dari cara kerja internet dan web server. semoga penjelasan ini bermanfaat dan dapat memancing teman-teman semua untuk mengetahui lebih dalam tentang dunia per-web-an :).

catatan:
1. Coba buka halaman web google dengan mengetikkan www.google.com/index.html 
2. Coba buka halaman web google dengan mengetikkan 74.125.235.1/index.html

apakah kedua cara tersebut menghasilkan output yang sama? apa kesimpulan kalian terkait dua hal tersebut? kalau ada yang mau didiskusikan atau memberikan masukan silahkan tuliskan di komentar ya :)

No comments:

Post a Comment