Thursday, July 22, 2010

Udah Tingkat 3 Nih! Topik Skripsi Apa Yang Mau Diajukan??

Gambar: http://www.andaka.com/page/4
Tidak terasa sudah tiga tahun diriku menempati bangku kuliah di Fasilkom UI dengan mengambil program studi sistem informasi. Kalau kita melihat trend yang berkembang, maka sudah saatnya diriku mempersiapkan topik skripsi yang nantinya akan saya ajukan di akhir tahun keempat perkuliahan (sebenernya sih bukan trend, tapi sudah sewajarnya :D. Akhir-akhir ini saya suka bertanya sama anak-anak SI (Sistem Informasi) "Eh, cuy! udah dapet topik skripsi belum??" dengan harapan bisa mendapat gambaran kira-kira topik apa ya yang bisa diangkat sama anak-anak SI? tapi sepertinya teman-teman saya pun belum bisa memutuskan topik apa yang akan mereka angkat (hiks..).

Sampai saat ini sih saya masih belum tahu apakah topik skripsi yang akan dibuat harus dari dosen atau kita boleh mengajukan sendiri... Tapi sebenernya saya ingin banget ngajuin topik skripsi sendiri biar topik skripsi yang akan saya buat sesuai dengan minat saya. Kalau dilihat dari ketertarikan saya saat ini adalah di bidang Administrasi Sistem kemudian System Design dan juga Pendidikan.. (nahlo, minatnya banyak banget). Hmm.. kalo melihat minat saya yang seperti ini kira-kira topik apa ya yang bisa saya angkat? inginnya sih fokus di Administrasi Sistem tapi pengetahuan yang saya dapet di kampus sangat sedikit sekali mengenai topik ini.. (kalau gak salah cuma dapet dasarnya aja di kuliah jaringan komputer, implementasi jaringan  , dan administrasi sistem). Sepertinya akan lebih cepat berkembangnya kalau saya fokus pada System Design karena lebih banyak ilmu yang saya dapatkan di kampus berkaitan dengan System Design dan Software Engineering.. tapi entah kenapa saya selalu tergoda untuk mendalami Administrasi Sistem dibandingkan dengan System Design... jadi bingung.. :D .

Eh, tapi ditengah kebingungan seperti ini sebenarnya ada satu visi yang selalu ingin saya wujudkan yaitu mengoptimalkan fungsi teknologi informasi dalam dunia pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia (cieeee.. mulia banget gak sih hohoho). Kalau dipikir-pikir sih sepertinya minat saya dalam bidang Administrasi Sistem dan System Design bisa saya maksimalkan untuk mendukung visi saya yang satu ini hehehe.. eh koq jadi ngomongin visi hidup sih? jadi kesimpulannya mau ngambil topik skripsi apa nih? hehehe..   setelah dipikir-pikir lagi sepertinya saya sudah menemukan apa yang saya inginkan... melihat visi dan minat saya saat ini kemungkinan besar saya ingin mengambil topik skripsi yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan hohoho (idih.. abstrak banget..) biarin abstrak.. siapa tahun hari ini abstrak.. besok Bab 1, terus besoknya lagi Bab 2 hehehe.. udah ah! makin gak jelas.. mudah-mudah saya bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi keluarga, umat, bangsa, dan negara!

~Ayo Semangat!!

No comments:

Post a Comment